May 25, 2024

Pilihan untuk membeli HP second atau bekas bisa menjadi pilihan yang menarik bagi sebagian orang. Selain bisa mendapatkan HP dengan harga yang lebih terjangkau, ada beberapa model HP yang mungkin tidak tersedia di pasaran lagi sehingga membeli bekas bisa menjadi alternatif untuk mendapatkannya. Namun, sebelum membeli HP second, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa bagian yang wajib kamu cek sebelum deal-dealan.

  1. Kondisi Fisik

Bagian pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi fisik HP. Perhatikan apakah ada goresan atau retak pada layar, body, atau bagian lainnya. Pastikan juga tombol-tombol pada HP masih berfungsi dengan baik, termasuk tombol volume, tombol power, dan tombol lainnya. Jika kamu membeli HP secara online, pastikan untuk meminta foto yang jelas dan detail dari semua sisi HP agar bisa melihat kondisinya secara lebih baik.

  1. Kondisi Baterai

Kondisi baterai juga sangat penting untuk diperhatikan saat membeli HP bekas. Pastikan kapasitas baterai masih cukup besar dan bisa bertahan lama. Kamu bisa memeriksa kondisi baterai dengan aplikasi bawaan HP atau aplikasi pihak ketiga. Jika kapasitas baterai sudah menurun drastis, kamu mungkin perlu mengganti baterai dengan yang baru.

  1. Kondisi Kamera

Kamera adalah salah satu fitur penting pada HP. Pastikan kamera pada HP bekas masih berfungsi dengan baik dan hasil fotonya masih bagus. Kamu bisa memeriksa kualitas foto dengan cara mengambil beberapa foto dan melihat hasilnya pada layar HP atau memindahkan foto ke perangkat lain untuk diperiksa.

  1. Kondisi Layar

Layar adalah bagian yang paling sering digunakan pada HP. Pastikan layar pada HP bekas masih dalam kondisi baik dan tidak ada masalah seperti dead pixel atau garis-garis pada layar. Kamu bisa memeriksa layar dengan membuka beberapa aplikasi dan mengecek apakah layar masih responsif dan tidak ada masalah lainnya.

  1. Kondisi Software

Pastikan HP bekas yang kamu beli memiliki sistem operasi yang masih bisa diupgrade dan mendapatkan update keamanan terbaru. Kamu juga bisa memeriksa apakah HP sudah di-root atau tidak. Jika HP sudah di-root, kamu mungkin perlu memeriksa apakah ada masalah keamanan atau performa yang mungkin terjadi akibat rooting.

Artikel lainnya Playtech Slot

  1. Kondisi Garansi

Jika memungkinkan, pastikan HP bekas yang kamu beli masih memiliki garansi. Garansi bisa memberikan perlindungan jika terjadi masalah pada HP dalam jangka waktu tertentu setelah pembelian. Kamu bisa memeriksa garansi dengan meminta faktur atau bukti pembelian dari penjual.

  1. Kondisi Performa

Performa HP bekas juga harus diperhatikan. Pastikan HP masih memiliki performa yang cukup untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti browsing, chatting, atau menggunakan aplikasi sosial media.

  1. Kondisi Jaringan

Pastikan HP bekas yang kamu beli masih bisa terhubung dengan jaringan internet dengan baik. Kamu bisa memeriksa jaringan dengan mencoba menggunakan SIM card dan mengakses internet atau menelepon. Jika jaringan tidak stabil atau terdapat masalah lainnya, kamu mungkin perlu memeriksanya lebih lanjut atau mempertimbangkan untuk mencari HP bekas yang lain.

  1. Kondisi Memori

Memori juga menjadi bagian penting yang harus diperhatikan saat membeli HP bekas. Pastikan memori internal masih cukup besar dan tidak penuh. Kamu juga bisa memeriksa kapasitas RAM dan memori eksternal yang tersedia. Jika memori sudah hampir penuh, kamu mungkin perlu menghapus beberapa file atau mempertimbangkan untuk membeli HP bekas dengan kapasitas memori yang lebih besar.

Dalam membeli HP bekas, selalu perhatikan kondisi fisik, performa, dan harga pasaran dari HP tersebut. Jangan terburu-buru dalam membeli dan pastikan untuk memeriksa dengan baik sebelum melakukan transaksi. Jika memungkinkan, coba untuk bertemu dengan penjual langsung dan memeriksa HP secara langsung sebelum membelinya. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, kamu bisa membeli HP bekas dengan lebih aman dan terhindar dari penipuan atau kekecewaan di kemudian hari. Semoga membantu!***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *