May 25, 2024

Login gurita4d – Ingin membuat konten video menarik untuk media sosial tapi bingung cari aplikasi edit video yang mudah digunakan?

Sebenarnya ada banyak aplikasi edit video yang tersedia di toko aplikasi seperti Google Play Store hingga App Store salah satunya adalah Mivi Editor Video.

Aplikasi edit video yang satu ini menawarkan berbagai fitur editing yang cukup lengkap, namun dengan antarmuka yang simpel dan intuitif.

Bagi pengguna smartphone yang baru terjun ke dunia editing video, Mivi sangat cocok untuk dicoba. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Mivi?

1. Download dan Instal Mivi

Langkah pertama, tentu saja perlu mengunduh aplikasi Mivi terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store untuk pengguna Android. Setelah proses download selesai, langsung saja instal Mivi di smartphone.

2. Mengenal Tampilan Utama Mivi

Membuka Mivi untuk pertama kali akan menampilkan antarmuka yang bersih dan sederhana.

Di bagian tengah layar, terdapat tombol besar bertuliskan “Create” untuk memulai proyek editing video baru. Di bagian bawah layar, terdapat tiga menu utama yaitu Project, Template, dan Me.

3. Import Video dan Foto

Setelah menekan tombol “Create”, pengguna akan masuk ke halaman editing. Untuk memulai editing, perlu mengimpor klip video atau foto yang ingin diedit.

Caranya, tekan tombol “+” di pojok kiri bawah layar, lalu pilih “Video” atau “Photo” tergantung media yang ingin diimpor.

Pengguna bisa memilih beberapa klip video atau foto sekaligus untuk diedit dalam satu project. Setelah selesai memilih, tekan tombol “Add” untuk menambahkan media tersebut ke timeline editing.

4. Memotong dan Mengatur Durasi Video

Klip video yang sudah diimport mungkin perlu dipotong agar sesuai dengan durasi yang diinginkan. Caranya, tekan klip video tersebut di timeline editing.

Nantinya akan muncul garis kuning di kedua ujung klip video. Pengguna tinggal menarik garis kuning tersebut untuk mengatur durasi klip video.

Selain memotong, pengguna juga bisa mengatur kecepatan video seperti slow motion atau fast motion dengan menekan ikon “Speed” yang muncul di samping klip video pada timeline editing.

5. Menambahkan Musik dan Teks

Untuk menambahkan musik, tekan tombol berbentuk “Not” di bagian bawah timeline editing. Pengguna bisa memilih musik bawaan dari Mivi atau menambahkan musik dari file penyimpanan smartphone.

Untuk menambahkan teks, tekan tombol berbentuk “T” di bagian bawah timeline editing. Pengguna juga bisa mengatur jenis font, ukuran, warna, dan animasi teks sesuai dengan keinginan.

6. Tambahkan Efek dan Filter

Mivi menyediakan berbagai efek dan filter menarik yang bisa digunakan untuk mempercantik video.

Caranya, tekan klip video yang ingin diberi efek atau filter, lalu pilih menu “Effects”. Pengguna bisa memilih berbagai macam efek, mulai dari efek glitch, vintage, hingga efek sinematik.

Selain efek, pengguna juga bisa menambahkan filter warna untuk mengubah keseluruhan tone warna video. Pilih menu “Filter” untuk menjelajahi berbagai pilihan filter yang tersedia.

7. Simpan dan Ekspor Video

Setelah proses editing selesai, saatnya untuk menyimpan dan mengekspor video. Tekan tombol “Export” di pojok kanan atas layar.

Pengguna bisa mengatur resolusi video yang diinginkan dan menambahkan watermark . Setelah itu, tekan tombol “Export Video” untuk menyimpan video hasil editan ke galeri smartphone.

Penutup

Nah itulah dia cara lengkap menggunakan Mivi Editor Video yang dapat dilakukan oleh pemula. Aplikasi ini memiliki tampilan intuitif dan sederhana serta dapat dijadikan alternatif selain CapCut dan Kinemaster.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *